Semarang (ANTARA News) - PT Bank Negara Indonesia (BNI) Wilayah Semarang menyalurkan bantuan beasiswa kepada 174 mahasiswa berprestasi dari Universitas Diponegoro Semarang sebagai komitmen dalam memajukan pendidikan.

"Selama ini BNI peduli untuk bidang pendidikan, baik pendidikan usia dini hingga pendidikan perguruan tinggi," kata Chief Executive Officer PT BNI Wilayah Semarang, Bambang Kuncoro, di Semarang, Jumat.

Hal tersebut diungkapkan dia usai penyerahan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi Undip dengan total bantuan senilai Rp993,6 juta yang diberikan kepada 174 mahasiswa Undip yang berasal dari berbagai fakultas dan jurusan.

Ia menjelaskan sebenarnya ada dua kategori beasiswa yang diberikan BNI untuk membantu pengembangan pendidikan, yakni kepada mereka yang dalam kondisi tidak mampu secara ekonomi, serta mereka yang pintar dan berprestasi.

Beasiswa yang disalurkan kepada 174 mahasiswa Undip itu merupakan kategori mahasiswa berprestasi, kata dia, dengan total nilai Rp993,6 juta untuk tahap pertama dari beasiswa pendidikan yang akan disalurkan tahun ini kepada Undip.

Menurut dia, pihaknya sampai saat ini setidaknya telah menyalurkan beasiswa pendidikan mencapai Rp1,7 miiar yang disalurkan kepada para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang ada di wilayah Jawa Tengah.

Sementara itu, Rektor Undip Prof Sudharto P. Hadi menjelaskan bahwa sampai saat ini setidaknya ada 1.650 mahasiswa yang terbantu melalui beasiswa, baik dari pihak swasta maupun pemerintah melalui beasiswa "Bidik Misi".

Untuk tahun ini, kata dia, Undip mendapatkan kuota penerima Bidik Misi sebanyak 600 mahasiswa, dan mengajukan penambahan kuota penerima Bidik Misi kepada pemerintah sebanyak 400 mahasiswa, menjadi 1.000 penerima.

"Kami tetap akan komitmen membantu 20 persen mahasiswa tidak mampu dari total kuota yang dimiliki Undip tahun ini, salah satunya dengan menggandeng pihak ketiga untuk membantu, termasuk dengan BNI," kata Sudharto. (*)