JAKARTA, Indonesia, 28 Maret 2012 (ANTARA/PRNewswire-AsiaNet) --

     - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) menjadi bank pertama di Asia yang meluncurkan INDRIYA EASE, sistem otentifikasi multifaktor (MFA) yang diperkuat oleh VocalPassword dari Nuance Communication.

     - Aplikasi yang mendukung Bahasa Indonesia ini memungkinkan para karyawan BNI mengaktifkan kembali password yang lebih nyaman, cepat dan mudah digunakan guna meningkatkan keamanan IT dan kenyamanan pengguna.

     PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) telah berhasil meluncurkan INDRIYA EASE, sistem otentifikasi multifaktor (MFA) untuk aplikasi pengaktifan kembali password terotomatisasi yang didukung oleh Nuance VocalPassword. Solusi ini mendukung bahasa Indonesia untuk otentifikasi guna meningkatkan keamanan internal bank dan kenyamanan para karyawan BNI.
   
     Didirikan pada tahun 1946 sebagai bank pertama yang dibentuk dan dimiliki oleh Pemerintah Indonesia, departemen IT BNI berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi para nasabah BNI dan staf internalnya.

     M. Harsono, Kepala Pusat Bantuan dan Panduan IT, BNI mengatakan, "Di BNI, mengaktifkan password sering menimbulkan tantangan untuk operator bantuan IT kami. Untuk meningkatkan keamanan, bagian bantuan IT kami memungkinkan hanya password yang kuat dengan perpaduan huruf, angka dan karakter khusus. Akibatnya, para pengguna BNI sering melupakan password mereka. Dalam organisasi kami yang bekerja dengan ribuan orang, bagian bantuan IT menerima banyak permintaan setiap bulan. Dengan memverifikasi secara manual identitas staf mungkin menjadi pilihan yang paling aman, tapi hal itu menyebabkan ketidaknyamanan untuk operator bantuan IT dan pengguna. Kami merasa bahwa mekanisme untuk mengaktifkan kembali password yang sesuai dan aman secara otomatis adalah suatu keharusan untuk memenuhi begitu banyak permintaan.

     Aplikasi pengaktifan kembali MFA baru kami telah mengurangi hambatan operator bantuan IT. Aplikasi portal Web yang dirancang dan diterapkan oleh Indriya Innovation menggunakan mesin biometrik Nuance VocalPassword dapat membantu bagian bantuan IT kami memungkinkan dalam menggunakan cara yang aman, sesuai dan nyaman untuk mengaktifkan kembali password. Tujuan kami adalah memberi staf kami pengaktifan password yang lebih nyaman, cepat dan mudah digunakan serta meningkatkan keamanan IT."
   
     Nuance VocalPassword, yang telah diluncurkan untuk solusi revolusioner ini, adalah sistem biometrik suara canggih yang memverifikasi identitas pembicara berbasis sampel suara yang diperoleh selama interaksi dengan aplikasi suara, web, maupun ponsel. Ini adalah hasil penelitian intensif dan upaya pengembangan selama dua belas tahun, serta pengalaman tak tertandingi pada peluncuran teknologi biometrik suara dan solusinya di seluruh dunia dengan peluncuran berskala besar yang berhasil pada sektor keuangan, telekomunikasi, perawatan kesehatan, perusahaan dan pemerintah.

     "Nuance Communication merasa bangga bermitra dengan BNI & Indriya Innovations dalam keberhasilan peluncuran VocalPassword untuk Operator Bantuan BNI," ungkap Jason Stirling, Wakil Presiden Senior dan General Manager, Nuance di Asia Pasifik. "Ini membuktikan bahwa keamanan dan kenyamanan harus terpadu. Bahkan berbagai aspek tersebut secara signifikan ditingkatkan dalam kasus ini."

     Stirling melanjutkan, "Perpaduan dari Indriya Ease - aplikasi pengaktifan kembali password otomatis, Nuance VocalPassword dan tim dukungan lokal melebihi kehandalan BNI dalam memberi staf mereka fasilitas pengaktifan kembali password yang lebih sesuai dan akurat, serta meningkatkan keamanan IT."

     Juru bicara Indriya Innovations Dr. Mohan Rajarathinam berujar, "Peluncuran solusi kami baru-baru ini di PT Bank Negara Indonesia (BNI) lebih lanjut mendukung daftar inovasi 'Next 5 in 5 - 2012' IBM di mana data seperti rekaman suara diperkirakan akan mengganti password di masa depan."

     Dr. Mohan Rajarathinam menyatakan, "Indriya Ease, dengan Nuance Vocal Password untuk solusi Automated Password Reset (APR) di BNI adalah pencapaian dalam industri perbankan Asia dan jenis pertama yang diluncurkan dalam Bahasa Indonesia dengan fitur Deteksi Aktif untuk mencegah penipuan. Indriya Ease dengan VocalPassword merupakan Biometrik Suara yang amat aman yang berbasis solusi ID&V untuk meningkatkan seluruh jenis fungsi layanan pribadi, kenyamanan dan rahasia pengguna.

     Telepon staf internal maupun eksternal dan nasabah dengan internet banking dapat mengaktifkan kembali PIN dan Password pada basis 24X7."