Makassar (ANTARA News) - PT Bank Negara Indonesia Wilayah Makassar bekerjasama dengan PT Jamsostek menerbitkan kartu kepesertaan layanan demi manfaat yang akan didapatkan peserta Jamsostek.

"Dengan kartu kepesertaan ini, peserta Jamsostek akan mendapatkan begitu banyak manfaat layanan mulai dari pinjaman kepemilikan rumah (KPR) maupun kartu yang berfungsi sebagai kartu ATM," ujar Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) VIII PT Jamsostek Yoto Susiswo, di Makassar, Selasa.

Ia mengatakan, kerjasama Jamsostek dengan BNI mempunyai keuntungan bersama karena kedua belah pihak menggunakan produk masing-masing.

Menurutnya, tujuan dilaksanakan kerjasama ini untuk perluasan dan peningkatan pelayanan kepada peserta/nasabah PT Jamsostek dan PT BNI.

Salah satu yang dicapai dalam kerjasama ini yakni sebagai wujud transparansi pengelolaan jaminan hari tua (JHT) peserta Jamsostek.

Percepatan registrasi data tenaga kerja peserta Jamsostek untuk peningkatan pelayanan program seperti, jaminan keselamatan kerja (JKK), jaminan hari tua (JHT), jaminan pemeliharaan kesehatan (JPK) serta jaminan kematian (JKM).

"Manfaat dari kerjasama ini sangat banyak, juga sebagai pertukaran data antara data perusahaan aktif Jamsostek dengan nasabah BNI serta sebagai potensi untuk perluasan kepesertaan dan calon nasabah BNI," katanya.

Head of Customer Ritel BNI Wilayah Makassar Danny Alogo menuturkan sebagai kartu ATM atau debit, peserta Jamsostek dapat mengecek saldo setiap saat.

Kartu ini juga dapat digunakan untuk bertansaksi di ATM BNI, dan ATM Bersama serta belanja di merchant-merchant yang bekerjasama dengan BNI.

"Salah satu keunggulan kartu ini adalah, peserta Jamsostek dapat melakukan cek saldo pengembangan iuran Jamsostek melalui ATM BNI," katanya.

Menurutnya, sebagai kartu ATM, kartu ini memiliki manfaat sama dengan BNI Card untuk menikmati 103 fitur yang ada di ATM BNI.

Manfaat lainnya yaitu bisa dipakai untuk transfer, pembayaran tagihan telepon, listrik, air minum, isi ulang pulsa, pembayaran tagihan kartu kredit, personal loan, pembelian tiket pesawat, pembayaran uang sekolah atau kuliah, serta berbagai fitur lainnya.

Keuntungan lain yaitu, pemegang kartu ini akan mendapat suku bunga lebih rendah yakni 2,5 persen dari suku bunga yang berlaku.
(T.KR-MH/F003)