Website Lainnya

Total Tayangan

LAYANAN

* Akses Layar46 Versi Mobile di: http://bit.ly/mPp8D6 * Download Launcher Blackberry Layar46 di: http://bit.ly/n4BNfg

FAST RESPON

SAYA ADA UNTUK ANDA

layar46. Diberdayakan oleh Blogger.

Transaksi remittance BNI dari Malaysia naik 35,68%




JAKARTA, Bisnis Indonesia: Jumlah transaksi remittance PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) dari Malaysia pada tahun lalu (in term of slips) naik 35,68% dibandingkan dengan pada 2010.

Abdullah Firman Wibowo, Senior VP Divisi Internasional BNI, mengatakan peningkatan itu terjadi sebanyak 365.000 slip dari sebelumnya 269.000 slip pada 2010.

"Dengan dibukanya kembali kesempatan TKI masuk ke Malaysia, maka BNI menargetkan kenaikan [transaksi remittance] sebesar 30% untuk 2012," ujarnya dalam pesan elektronik kepada Bisnis hari ini, 7 Januari 2012.

Berdasarkan definisi Wikipedia internasional, remittance diartikan sebagai praktik transfer uang oleh pekerja asing ke negara asalnya.

Menurut dia, target sebesar itu disebabkan ekspektasi potensi remittance TKI, yang merupakan target pasar ritel, masih sangat besar dengan tren yang masin gmeningkat.

Abdullah menuturkan BNI menyiapkan beberapa strategi untuk mendukung target yang ditetapkan tersebut, salah satunya adalah melakukan kerjasama dengan semua penyedia jasa remittance (remittance service providers/RSP). Saat ini, lanjutnya, terdapat 12 perusahaan RSP di Malaysia.

Menurutnya, selain peningkatan jumlah transaksi, perusahaan juga mencatat nilai transaksi remittance dari TKI Malaysia sebesar Rp1,56 triliun pada tahun lalu.

Jumlah itu meningkat 30% dari posisi pada 2010, yang berarti senilai Rp1,2 triliun. Segmen remittance dari TKI Malaysia menyumbang sekitar 12% dari total fee based incoming transfer (ITR) salah satu bank plat merah itu.

Dia mengatakan ekspektasi itu juga diperkaya dengan potensi remittance korporasi yang diprediksi meningkat karena banyaknya jumlah perusahaan domestik yang berekspansi di luar negeri.

Strategi perluasan bisnis remittance di Malaysia dilakukan emiten yang berkode saham BBNI itu dengan beberapa cara.

Contoh perluasan adalah strategi penentuan harga (pricing) bersaing sebagai layanan Smart Remittance,  strategi aliansi kooperasi dengan RSP di luar negeri, penempatan marketing officer dan mitra bisnis di beberapa kota strategis, serta membangun sistem-jaringan on line.

BNI, lanjutnya, juga aktif dalam melakukan promosi bersama (joined promotion) dengan berbagai koresponden.

Contoh promosi itu adalah program Ang Paw Remittance, kirim uang Gratis, Mudik Gratis (bagian CSR), Lucky Dip di koresponden, uniform co branding dengan koresponden, beasiswa utk 1000 anak TKI, serta pelatihan (workshop) pengelolaan keuangan untuk keluarga TKI.

Perusahaan, tuturnya, juga memiliki pusat layanan telepon (call center) yang melayani nasabah remittance yang tak pernah tutup sepanjang pekan (7 hari sepekan), baik pengirim dan penerima untuk mengetahui status kiriman uangnya.

Layanan bernama 'Remittance Call Centre BNI' itu, tuturnya, merupakan satu-satunya call centre perbankan di Indonesia karena pada umumnya perusahaan lain tidak memiliki layanan khusus untuk menangani komplain transaksi international remittance.(api)

0 komentar:

Posting Komentar

Layar46 Forums

Status Layar 46

 
2012 Layar46 | Blogger Templates for HostGator Coupon Code Sponsors: WooThemes Coupon Code, Rockable Press Discount Code