Website Lainnya

Total Tayangan

LAYANAN

* Akses Layar46 Versi Mobile di: http://bit.ly/mPp8D6 * Download Launcher Blackberry Layar46 di: http://bit.ly/n4BNfg

FAST RESPON

SAYA ADA UNTUK ANDA

layar46. Diberdayakan oleh Blogger.

Karyawan Bank BNI Jebak Pembobol ATM




SEMARANG, suaramerdeka.com - Pelaku pembobolan mesin anjungan tunai mandiri (ATM) di sejumlah tempat ditangkap petugas Polrestabes Semarang, Jumat (23/12). Penangkapan itu berkat penjebakan oleh sejumlah karyawan Bank BNI yang berpura-pura menjadi nasabah.Tersangka ditangkap di ATM BNI yang ada di swalayan ADA Jalan Siliwangi. Pelaku membobol ATM dengan modus mengganjal mesin ATM dengan korek dan berpura-pura menjadi operator bank. Pria bernama Jumaidi (35) warga Montongsari, Weleri, Kendal, itu sebelumnya berhasil membobol ATM Bank BTN di Kota Pekalongan, Kamis (22/12) malam.
Asisten Restocking ATM BNI, Djunaedi (33) mengatakan, penjebakan direncanakan setelah pihaknya menemukan stiker "layanan konsumen" palsu di mesin ATM itu. "Pagi pukul 07.15 dari pantauan kamera CCTV di kantor pusat BNI di Sayangan, kami mendapati ada stiker palsu. Kami langsung lakukan pengecekan," katanya saat ditemui di Mapolrestabes Semarang.
Djunaedi bersama seorang satpam Budi (32) mencoba memasukan kartu ATM ke dalam mesin tersebut. Ternyata mesin sudah dirusak sehingga kartu tak berfungsi bahkan hampir tertelan. Budi kemudian menghubungi nomor telepon yang tercantum pada stiker 082125136000. Dengan berpura-pura sebagai nasabah, satpam itu mengaku bahwa kartu ATMnya tersangkut di mesin.
Di ujung telepon, terdapat suara seorang pria yang menyaru sebagai operator. Pria itu meminta Budi menyebutkan nama ibu kandung, nomor kartu ATM dan PIN. "Saya lalu sebutkan nomor PIN asal-asalan kemudian pelaku menjawab bila kartu ATM saya telah diblokir. Ia bilang kalau 30 menit lagi akan ada petugas yang akan memperbaiki mesin," kata Budi.
Djunaedi, Budi dan sejumlah karyawan lain kemudian menunggu di sekitar ATM. Benar saja, 30 menit kemudian datang seorang pria bercelana pendek pura-pura menjadi nasabah masuk ke dalam bilik ATM. Ketika pelaku datang, Budi berlaku sebagai nasabah sempat menghampiri seraya mengatakan bahwa mesin ATM rusak.
"Tapi dia tidak peduli dan tetap masuk ke bilik. Dari luar kami perhatikan ia mencoba mengambil kartu ATM itu. Setelah yakin kalau dia pelakunya, kami langsung menangkap kemudian melapor ke polisi," papar Budi.
Ketika ditangkap, pelaku mengaku dia tidak beraksi sendirian. Ada dua orang lain yang mengawasinya dari dalam mobil Xenia H-9390-BM, tak jauh dari lokasi. Namun dua orang yang salah satunya istri tersangka itu berhasil kabur.
Polisi menyita sejumlah korek api kayu, gergaji, dan sejumlah kartu ATM serta headset yang diduga digunakan untuk meneriema telepon aduan dari nasabah. Selain itu, petugas juga mendapati sebuah alat hisap sabu-sabu atau bong dari tas pelaku.
( Anton Sudibyo / CN26 / JBSM )

0 komentar:

Posting Komentar

Layar46 Forums

Status Layar 46

 
2012 Layar46 | Blogger Templates for HostGator Coupon Code Sponsors: WooThemes Coupon Code, Rockable Press Discount Code