by Aprilia Putri,
Leadership Development Program
(LDP) adalah salah satu program dari BNI yang ditujukan untuk meningkatkan
kapabilitas dari pegawai BNI khususnya dalam meningkatkan kemampuan kunci
individu dalam transformasi bisnis khususnya pengambilan keputusan yang efektif
dan tepat, membangun model intervensi untuk membangun motivasi individu dalam transformasi
bisnis, dan membangun long life learning capabilities dan diharapkan apa yang
didapatkan dalam pelatihan LDP ini dapat ditularkan kepada rekan rekan di
lingkungan kerjanya.
LDP ini dilaksanakan secara
terintegrasi diawali dengan BOD Leadership Allignment, LDP Top 100–Senior
Management, dan LDP Top 1000–Middle Management, dan sudah dilaksanakan sejak
September 2010. Sampai saat ini, LDP Top 1000–Middle Management ini baru
berjalan 3 batch, dan sisa 7 batch akan dilanjutkan mulai awal tahun 2013.
Materi pelatihan LDP ini disebut
sebagai LDP 1000 Journey, dimana rangkaian proses pembelajaran diawali dengan
sesi Foundation Workshop (soft skill 3 hari, hard skill 2 hari), sesi After
Care (soft skill 1 hari, hard skill 4 hari), dan sesi Finishing Workshop (2
hari). Dalam sesi softskill yang dilakukan, workshop berjalan di Hotel Royal
Kuningan, Jakarta dengan pembicara dari Massachusetts Institute of Technology
(MIT) yaitu Doktor Ben dan Bapak Frans. Materi yang disampaikan lebih kepada
fundamental teknik diantaranya dengan Mental Model dan Systems Thinking.
Sedangkan untuk sesi hardskill disampaikan oleh pembicara dari Accenture.
Penulis tertarik untuk
menyampaikan sedikit dalam Mental Models yang disampaikan, yaitu dimana titik
penting dari Mental Models adalah U-theory dimana peserta diajarkan untuk lebih
open mind, open heart, dan open will. Titik pandang peserta dalam melihat
segala sesuatu dirubah sehingga dapat mengurangi Voice of Cynisism (VOC), Voice
of Judgement (VOJ), dan Voice of Fear (VOF). Hambatan kita dalam bertindak saat
ini adalah ketiga jenis Voice tersebut, dimana kita cenderung sinis, berburuk
sangka, dan takut untuk memulai komunikasi dengan orang lain baik itu bawahan,
rekanan, atau atasan kita. Sehingga dengan mental model ini, diharapkan para
peserta dapat memperbaiki kemampuan dalam berkomunikasi dengan lebih baik untuk
tercapainya target bisnis.
Final Workshop LDP ini yang
dilaksanakan pada tanggal 31 November – 1 Desember 2012 nantinya, para peserta
yang dikelompokkan sesuai dengan bidang bisnis atau area kerja akan menyusun
suatu prototype yang mengarah pada percepatan bisnis BNI yang diharapkan dapat
di eksekusi oleh Direksi BNI dan level Top Management.
0 komentar:
Posting Komentar